Kamis, 08 November 2012

Makalah Bahasa Pemrograman

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMATIKA
BAHASA PEMROGRAMAN





Disusun Oleh :
1.       Ariani Putri Winanda                         (21070112130059)
2.       Nikko Kurniawan                              (21070112130106)
3.       Ellery F. L. Tambunan                       (21070112120007)

Kelompok 27
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Teknologi Informasi terdiri dari dua kata, teknologi dan informasi. Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sedangkan Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
Membahas tentang teknologi informasi, bahasannya akan tidak jauh dari bahasa pemrograman atau yang lebih sering disebut dengan istilah bahasa komputer. Banyak terdapat jenis-jenis bahasa pemrograman, maka dari itu bahasa pemrograman dikelompokkan menjadi 3 level bahasa, yaitu:
1.        High level (contohnya Pascal dan Basic)
2.        Middle level (contohnya Bahasa C)
3.        Low level (contohnya Bahasa Assembly)
Namun pada dasarnya, bahasa pemrograman memiliki bagian-bagian yang serupa, hanya bahasa yang dipakainya saja yang berbeda. Seperti halnya bahasa Jawa, ataupun bahasa asing. Masing-masingnya memiliki bagian-bagian yang sama, yang membedakan hanyalah istilah/symbol yang digunakan dan dialek bahasa tersebut.

B.     Rumusan Masalah
Berikut adalah rumusan masalah dari makalah ini:
1.      Apa yang dimaksud bahasa pemrograman?
2.      Siapa yang mengenalkan Bahasa pemrograman?
3.      Sejak kapan Bahasa Pemrograman dikenal?
4.      Apa saja bahasa pemrograman itu?
5.      Apa manfaat Bahasa pemrograman?


C.     Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.      Mengetahui pengertian Bahasa Pemrograman
2.      Mengetahui sejarah Bahasa Pemrograman
3.      Mengetahui  generasi Bahasa Pemrograman
4.      Memahami macam-macam Bahasa Pemrograman
5.      Memahami manfaat Bahasa Pemrograman

D.    Sistematika Penulisan
Penulisan makalah ini terdiri dari 3 bab, yaitu:
1.      Bab 1 merupakan Pendahuluan. Penulis mengemukakan latar belakang, tujuan, dan rumusan masalah makalah ini.
2.      Bab 2 merupakan Pembahasan. Bab ini berisi jawaban-jawaban dari rumusan masalah pada Bab 1.
3.      Bab 3 merupakan Penutup. Pada bab ini, penulis mengemukakan kesimpulan dan saran.



BAB II
PEMABAHASAN

  1. Pengertian Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman atau yang lebih dikenal dengan istilah bahasa komputer adalah suatu sistem komunikasi yang berupa perintah untuk menyelesaikan masalah. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data tersebut disimpan, dan langkah apa saja yang harus diambil dalam berbagai situasi.
Bahasa pemograman terdiri dari dua kata, yaitu:
Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol (yaitu huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah, dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.
Program merupakan sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah. Program dimasukkan‟ ke dalam komputer, komputer mengerjakan instruksi -instruksi didalam program tersebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan. Agar program dapat dilaksanakan oleh komputer, program tersebut harus ditulis dalam suatubahasa yang dapat dimengerti komputer. Karena komputer adalah mesin, maka program harus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman merupakan suatu himpuanan dari aturan sintaks (ilmu mengenai prinsip dan peraturan untuk membuat kalimat dalam bahasa alami) dan semantik (cabang linguistik yang mempelajari makna yang terkandung pada suatubahasa, kode, atau jenis representasi lain) yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
Ada tiga tingkatan atau level dalam bahasa pemrograman, yaitu tingkat tinggi, tingkat menegah, dan tingkat rendah. Sebagian bahasa pemrograman merupakan bahasa tingkat tinggi, namun hanya Bahasa C yang digolongkan pada bahasa tingkat menengah dan Bahasa Assembly yang digolongkan pada bahasa tingkat rendah.

  1.  Sejarah Bahasa Pemrograman
Penemuan bahasa pemrograman ini terjadi secara bersamaan dengan penemuan komputer itu sendiri.  Bahasa pemrograman dan komputer merupakan dwitunggal yang tidak terpisahkan, karena komputer hanya akan bisa bekerja jika ada program. Dan program yang dijalankan oleh bahasa pemrograman tidak akan bisa bekerja jika tidak ada komputer sebagai medianya.
Tokoh pertama yang dianggap sebagai orang yang mengenalkan bahasa pemrograman adalah Charles Babbage. Charles Babbage adalah seorang ilmuwan yang hidup di Inggris pada abad pertengahan. Beliau merupakan orang pertama yang menciptakan mesin menyerupai komputer. Mesin tersebut berisi beberapa program yang dapat berjalan di dalamnya (mirip dengan bahasa Assembly). Pembuat program tersebut bernama Byron Countess of Lovelace, putrid dari Lord Byron.
Dunia pemograman mengalami perkembangan pesat saat ditemukannya komponen-komponen elektronika yang menyebabkan komputer dapat berukuran kecil karena ditemukannya teknologi Integrated Circuit (IC) dan teknologi pembuatan chip lainnya. Selain ukurannya, kemampuan komputer juga mengalami banyak perkembangan, hal ini mendorong dibuatnya berbagai macam bahasa pemrograman tingkat tinggi.

  1.  Generasi Bahasa Pemrograman
·         Generasi Pertama
Generasi pertama adalah bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa internal komputer yang mengeksekusi secara langsung tanpa translation (terjemahan). Bahasa mesin ini merupakan bahasa pemrograman yang paling awal. Bahasa mesin dikembangkan di sekitar tahun 1940 sampai 1950-an. Bahasa ini menggunakan kode bahasa biner, seperti 01100101100110.
Bahasa mesin masih memiliki beberapa kelemahan, yaitu:
1.      Menyita waktu dan bersifat kondusif untuk membuat sebuah kesalahan
2.      Tidak standart dan masih bergantung pada komputer, karena akan memiliki perbedaan pada tiap komputer.

·         Generasi Kedua
Generasi kedua adalah bahasa assembly. Bahasa ini mirip dengan bahasa mesin, sehingga untuk menjadi seorang programmer bahasa assembly yang baik, harus mampu memahami bahasa mesin terlebih dahulu. Seperti halnya bahasa mesin, bahasa assembly juga masih bergantung pada komputer. Hal ini dikarenakan masih adanya perbedaan pada setiap komputer.
Ciri-ciri bahasa assembly:
1.      Bahasa assembly dilengkapi dengan kode-kode yang mudah diingat, sepeti ADD, SUB, MULT, dll.
2.      Alat penyimpanan (storage addresses) nyata, dimana data yang ditempatkan dapat didefinisikan dengan nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.

·         Generasi Ketiga
Bahasa pemrograman generasi ketiga adalah Bahasa Tingkat Tinggi atau High Level Language. Penggunaan komputer pada tahun 1950-an berkembang sangat pesat, sedangkan bahasa mesin dan assembly masih sangat sulit, maka keluarga third-generation language (3GLs) yang lebih mudah untuk program dan portable.
Disebut tingkat tinggi karena mudah kita pelajari dan program tingkat tinggi membutuhkan proses penerjemahan yang rumit yang disebut interpreter dan compiler.
Beberapa contoh bahasa tingkat tinggi adalah Pascal, Basic, PHP, Cobol, dan FORTRAN (FORmula TRANslator).

·         Generasi Keempat
Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman, sehingga diharapkan produktifitas pemrogram menjadi meningkat dan program yang dibuat membutuhkan waktu yang lebih singkat.
Generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Mudah dipahami dan dipelajari
2.      Nonprosedural
3.      Fokusnya terhadap maksimalis produk manusia, bukan pada minimalis waktu komputer
4.      Tersedia dalam paket sotware dan dapat dikembangkan dengan aplikasi yang diinginkan
5.      Sangat tepat untuk mengakses database
Contoh dari generasi keempat adalah Query language (bahasa khusus yang digunakan untuk melakukan query pada basis data), seperti SQL (Structured Query Language), QBE (Query-By-Example), dan INTELLECT, serta Report generator.
·         Generasi Kelima
Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan kelompok bahasa pemrograman yang bertujuan untuk menangani kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan adalah ilmu yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia.
Bahasa pemrograman generasi kelima sering digunakan untuk akses database atau membuat sistem pakar. Contoh bahasa pemrograman generasi kelima adalah LISP dan Prolog. Sekarang ini banyak sistem pakar yang dikodekan dengan menggunakan LISP dan Prolog, meskipun sebenarnya dapat dikodekan dengan C maupun C++. Usaha sekarang dilakukan untuk memperbaiki kecerdasan buatan.

  1. Macam-Macam Bahasa Pemrograman
1.      FORTRAN
ForTran (Formula Translation) adalah bahasa ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1956 oleh John Backus. Fortran digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi matematika, Ilmu pengetahuan dan teknik. Bahasa ini termasuk kedalam Bahasa Tingkat Tinggi. Keunggulan Fortran terletak pada dukungannya dalam menangani perhitungan termasuk hitungan bilangan komplek. Sedangkan kelemahannya adalah operasi masukan / keluarannya yang sangat kaku.

2.      COBOL
COBOL (Common Bussiness Oriented Languange) dikembangkan pada tahun 1959 dan tergolong sebagai bahasa tingkat tinggi. Tujuan dari bahasa ini adalah untuk mempermudah pembuatan aplikasi dibidang bisnis. Keunggulan Cobol adalah sintaks yang digunakan dalam kata-kata bahasa Inggris sehingga mempermudah programer, juga kemudahannya terhadap penangan file dan terhadap masukkan / keluaran program.

3.      BASIC
BASIC (Begginner ALL-purpose Symbolic Instructionn Code) dikembangkan tahun 1965 di Darmauth College. pertama Basic diajarkan untuk bahasa pemograman sederhana. Dapat dikatakan bahwa Basic merupakan bahasa dasar, namun sebenarnya Basic juga digunakan oleh para ahli.

4.      PASCAL
·         Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland tahun 1971.
·         Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama seorang ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17).
·         Merupakan pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60)
·         Memiliki beberapa versi, seperti: Turbo Pascal, Ms Pascal, Apple Pascal, UCSD, dll.
·         Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high lever language) dan terstruktur.
·         Bahasa Pascal, secara garis besar mempunyai struktur sebagai berikut :
1.      Judul Program
2.      Blok Program yang terdiri dari:
a.       Bagian deklarasi, meliputi:
·         Deklarasi label
·         Deklarasi konstanta
·         Deklarasi tipe
·         Deklarasi variabel
·         Deklarasi prosedur dan fungsi
b.      Bagian pernyataan, berisi perintah-perintah.
·         Kelebihan :
Bahasa Pascal merupakan bahasa tingkat tinggi yang popular, khususnya di Indonesia. Hal ini disebabkan bahasa Pascal lebih mudah dipahami dibanding bahasa pemrograman lainnya. Selain itu, bahasa Pascal juga terstruktur, sehingga hampir mendekati bahasa manusia.

5.      Delphi
Borland Delphi merupakan sarana pemrograman aplikasi visual. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Pascal atau yang kemudian disebut bahasa pemrograman Delphi. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Delphi diluncurkan pertama kali tahun 1995 dirancang untuk beroperasi dibawah sistem operasi Windows.
Borland Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang semenjak diluncurkan pertama kali langsung dilirik dan diminati oleh para programmer komputer. Hal ini disebabkan karena Delphi menyediakan fasilitas untuk pembuatan aplikasi dengan antarmuka visual secara mudah dan dapat memberikan hasil yang memuaskan.
Banyak aplikasi dapat dikembangkan dengan Delphi seperti operasi perhitungan matematis, grafis, pengolah kata, spreet sheet, games, dan basis data.
Kelebihan:
1.      Sifatnya freeware
2.      Dikembangkan dengan bahasa Pascal, sehingga bagi pengguna yang terbiasa dengan dasar pemrograman turbo Pascal akan lebih familiar.
3.      Komponen yang disediakan sudah cukup lengkap
4.      Dokumentasinya juga cukup lengkap
Kekurangan;
1.      Pengguna tidak memiliki dasar pemrograman dengan bahasa Pascal akan mengalami kesulitan untuk pertama kalinya.
2.      Setiap komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, akan diikutsertakan kode deklarasi dan inisialisasinya dalam list code.
3.      Apabila terdapat form/list code lain yang di-include-kan, harus dituliskan code/nama dari form/list code di bagian ‘users” dan juga inisialisasi variabelnya.

6.      Bahasa C
Bahasa C berasal dari bahasa BCPL pada tahun 1967. Kemudian bahasa ini berkembang menjadi bahasa B pada tahun 1970 oeh Ken Thompson. Dan Dennis Richtie mengembangkan menjadi bahasa C pada tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc
Kelebihan:
-          Bahasa C tersedia hampir di semua jenis komputer
-          Bahasa C menyediakan sedikit kata-kata kunci
-          Bahasa C mempunyai struktur yang baik
-          Kode bahasa C sifatnya adalah protable
-          Proses executable program bahasa C lebih cepat
-          C adalah bahasa yang terstruktur
-          Dukungan pustaka untuk bahasa C banyak

Kekurangan:
-          Bagi pemula akan kesulitan menggunakan pointer
-          Banyaknya operator dan fleksibilitas program yang sering membingungkan pemakai


7.      Bahasa Java
Bahasa java merupakan sebuah teknologi pada pertengahan 1990. Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk menjalankan perangkat lunak . Teknologi java mempunyai 3 komponen penting yaitu
1.   Programming-language specification
2.   Application-programming interface
3.   Virtual-machine specification
Bahasa java merupakan sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek. Pada awalnya java sangat digemari oleh komunitas pemrograman internet, karna java mendukung untuk applets. Java pun memberikan dukungan  yang tinggi untuk networking dan objek terdistribusi sehingga java disebut sebagai bahasa yang cukup aman. Java juga relative mudah untuk dipelajari karena banyak contoh dan konsep yang beredar luas, baik dalam internet maupun dalam buku.

8.      Visual Basic
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang menawarkan IDE (Intrgrated Development Environment) visual yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft windows. Visual basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan Microsoft Visual Basic.
Kelebihan:
1.      Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan hika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dengan mudah dilakukan dnegan menggunakan Visual Basic.
2.      Karena Visual Basic sangar popular, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan, baik berupa buku maupun website.
3.      Kita bisa memperoleh banyak tools gratis maupun bayar di internet.
Kelemahan:
1.      Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, namun sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game yang memuaskan.
2.      Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.

9.      JAVA Script
Bahasa pemrograman Java Script adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. Javascript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh netspace. Untuk menjalan script yang ditulis dengan javascript kita membutuhkan javascript-enabled browser, yaitu browser yang mampu menjalankan javascript.
Javascript merupakan bahasa yang berorientasi objek, artinya, bahasa ini harus mendukung tiga konsep dasar, yaitu perkapsulan, pewarisan, dan polomorfisme.

10.  Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun juga bisa digunakan untuk pemakaian lain. PHP dapat berjalan pada sistem linux maupun hosting windows.



11.  HTML
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah internet. Saat ini, HTML merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

12.  ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

13.  Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language adalah bahasa markup serbaguyna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsi berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya HMTL namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda pada sebuah dokumen.

14.  Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Language).
WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protokol nirkabel.



15.  Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOs, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
Perl merupakan bahasa pemrograman yang mirip bahasa pemrograman C.

16.  Bahasa Pemrograman CFM
CFM dibuat menggunakan tag Cold Fusion dengan software Adobe Cold Fusion/ Blue Dragon / Cold Fusion Studio. Sintaks Cold Fusion berbasis html.

17.  Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Penggunaaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XU. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

18.  Nusaptel
Salah seorang putra Indonesia berhasil membuat sebuah trobosan baru tentang konsep bahasa pemrograman. Bernaridho Imanuel Hutabarat, dia membuat bahasa pemrograman yang lebih mudah yang kemudia ia namai dengan Nusaptel. Dia adalah alumnus Jurusan Teknik Informatika (ITB) dan Conventry University (Inggris).
Ide pembuatan Nusaptel bermula ketika Bernan (panggilan akrab) merasa konsep pemrograman dengan bahasa C++ terlalu rumit dan terlalu bertele-tele dan dia sangat tidak suka dengan it. Berawal dari ketidaksukaannya tersebut, ketika ia bekerja sebagai dosen pada tahun 1999, dia kemudia merancang dan membuat Bahasa Nusaptel. Pada saat itu pembuatannya hanya terbatas pada sintaks hararki type.

19.  Bahasa Ruby
Ruby adalah bahasa pemrogaman scripting yang berorientasi objek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrogaman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis denga bahasa C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Phyton.
Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Penulisan Ruby dimulai pada February 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro meulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkontribusikan Ruby.
Kelebihan Ruby:
1.      Sintaks sederhana
2.      Memiliki Exception Handling yang baik
3.      OOP
4.      Single Inheritance
5.      Didukung oleh OS Linux, Windows, MacOS X, OS/2, BeOs, dan Unix.
6.      Merupakan bahasa pemrograman scripting yang berorintasi objek.
7.      Memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai pada memori.

Kekurangan:
·         Multithreading. Implementasi thread di Ruby masih berupa green thread, bukan native thread. Hal ini membuat aplikasi GUI (desktop) dengan background thread tidak mungkin diimplementasikan di Ruby.
·         Virtual Memory, Ruby masih fully interpreted sehingga program Ruby cenderung lebih lambat.
·         Spek, saat ini spesifikasi Ruby (syntax, behavior, dll) adalah implementasi Ruby yang asli dari matz.
·         IDE. Saat ini kualitas IDE untuk Ruby masih jauh disbanding .net dan java. Tapi dengan bermunculannya IDE Ruby yang dibuat dengan java.net, kondisinya agak berubah. Tapi karena Ruby adalah bahasa yang sangat dinamis, sulit untuk bisa mendapat informasi secara lengkap mengenai struktur sebuah program Ruby secara statis.

  1. Manfaat Bahasa Pemrograman
Fungsinya adalah menyuruh komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman adalah berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan.
Penentuan jenis bahasa tidak ditentukan oleh trend, namun lebih kepada kesesuaian antara masalah yang hendak dipecahkan dengan kelebihan dari suatu bahasa pemrograman. Misalkan, untuk membuat suatu aplikasi mengenai kecerdasan buatan, lebih tepat jika menggunakan bahasa pemrogaman logic, seperti Prolog.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kesimpulan dari makalah ini, bahwa Bahasa Pemrograman yaitu kumpulan perintah-perintah bermakna, berstruktur tertentu (syntax dan semantik) yang dapat dimengerti komputer yang berguna dalam penyelesaian masalah. Tokoh pertama yang di anggapmemperkenalkan bahasa pemrograman pada komputer adalah Charles Babbage.

Generasi Bahasa Pemrograman, dibagi menjadi lima, diantaranya
1.        Generasi Pertama : Bahasa MesinYang dikembangkan sekitar tahun 1940-an dan awal 1950-an
2.        Generasi Kedua : Bahasa Assembly Penggunaan komputer secara komersial tahun 1950-an mengakibatkan dikembangkannya bahasa assembly.
3.        Generasi Ketiga : Bahasa Tingkat Tinggi Penggunaan komputer dalam bisnis berkembang sangat dramatis pada tahun 1950-an. Bahasa mesin dan assembly terlalu sulit.
4.        Generasi Keempat : generasi keempat ini lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami, tepat untuk pengaksesan database, nonprosedural, serta tersedia dalam software paket yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan.
5.        Generasi Kelima : sering digunakan untuk akses database atau membuat sistem pakar (expert system) atau knowledge-based system.



Macam-Macam Bahasa Pemograman
1.      Fortran
2.      Corol
3.      Pascal
4.      Basic
5.      Delphi
6.      Visual Basic
7.      Bahasa C
8.      C++
9.      Bahasa Java
10.  Java Script
11.  Nusaptel
12.  Ruby
13.  Bahasa Pemrograman ASP
14.  Bahasa Pemrograman PHP
15.  Bahasa Pemrograman XML
16.  Bahasa Pemrograman WML
17.  Bahasa Pemrograman PERL
18.  Bahasa Pemrograman CSS
19.  Dan lain-lain

Manfaat Bahasa Pemrogaman
Manfaat dari Bahasa Pemrograman adalah menyuruh komputer untuk mengolah datasesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman adalahberupa program/aplikasi.




B.     Saran
Semoga dengan adanya makalah ini, mahasiswa mampu memahami tentang bahasa pemograman lebih baik. Dan semoga makalah ini mampu memberikan pengetahuan mengenai Teknologi Informatika yang diperlukan oleh Mahasiswa Teknik Industri.


DAFTAR PUSTAKA

___________, 2012. Bahasa Pemrograman. (online). Tersedia: http://ndutagen.blogspot.com/2012/03/artikel-bahasa-pemrograman.html  [9 November 2012]
___________, 2012. Pengertian Bahasa Pemrograman. (online). Tersedia: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2065863-pengertian-bahasa-pemrograman/  [9 November 2012]
___________, 2012. Bahasa Pemrograman. (online). Tersedia: http://komp-rakitan.blogspot.com/2012/03/bahasa-pemrograman.html  [9 November 2012]
___________, 2012. Bahasa Pemrograman. (online). Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman  [9 November 2012]
___________, 2012. Makalah Bahasa Pemrograman. (online). Tersedia: http://www.scribd.com/doc/72458860/Makalah-Bahasa-Pemrograman  [9 November 2012]


2 komentar: